cover
Contact Name
Nurlina Ariani Hrp
Contact Email
nurlinaariani@yahoo.com
Phone
+6281362067516
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Sisingamangaraja No. 126A km.3,5 Aek Tapa Rantauprapat Kab. Labuhanbatu, Sumatera Utara
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
ISSN : 2460593X     EISSN : 26855585     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu pendidikan dan pembelajaran serta matematika umumnya. JPMS adalah publikasi interdisipliner tentang penelitian dan penulisan asli tentang pendidikan yang menerbitkan karya ilmiah ke khalayak nasional peneliti pendidikan, pembelajaran dan matematika.JPMS diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu pendidikan dan pembelajaran serta matematika umumnya. JPMS adalah publikasi interdisipliner tentang penelitian dan penulisan asli tentang pendidikan yang menerbitkan karya ilmiah ke khalayak nasional peneliti pendidikan, pembelajaran dan matematika.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2015)" : 9 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN HASIL PEMBELAJARAN SISWA DI KELAS VII MTS NUR-IBRAHIMY MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Eva Julyanti
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v1i2.1258

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Discovery Learning di kelas VIIMTs Nur-Ibrahimy serta mengetahui peningkatan pemahaman belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning di kelas VII MTs Nur-Ibrahimy. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalahpenelitian tindakan kelas dengan metode analisis data yaitu menggunakan rumus korelasi product momen dengan angka kasar. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus I perlakuan model pembelajaran membahastentang materi menghitung besar sudut dalam segitiga dan instrumen yang dipakai adalah tes soal mengidentivfikasi jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya serta mengobservasi pemahaman siswa. Siklus II sama dengan siklus I yaitu memberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil belajar, dengan persentase ketuntasan secara klasikal pada siklus I jika diamati dari hasil tes individu sebesar 72,72%. Sedangkan persentase ketuntasan secara klasikal pada siklus II jika ditinjau dari hasil tes individu sebesar 93,18%. Dan diperoleh juga peningkatan pemahaman belajar kategori baik dan pada siklus II mencapai 86,56% dalam kategori penilaian sangat baik. Dengan demikian hasil pemahaman siswa dengan model pembelajaran Discovery Learning pada siklus II meningkat dengan sangat memuaskan dan telah berhasil mencapai indikator keberhasilan.
PENGARUH PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTS UMRATUL HIDAYAH RANTAUPRAPAT Sakinah Ubudiyah
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v1i2.1263

Abstract

Penelitian tentang Pengaruh Pendekatan Belajar Tuntas Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Mts Umratul Hidayah Rantauprapat Tahun Pelajaran 2011/2012.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Belajar Tuntas Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Mts Umratul Hidayah Rantauprapat Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilakukan dengan metode inquiri yang bertujuan untuk menguji dan meneliti dan membuktikan suatu hipotesis. Populasi adalah siswa kelas VII MTS Umratul Hidayah Rantauprapat. Sampel kelas VII MTS Umratul Hidayah Rantauprapat terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 60 siswa.. Teknik pengumpulan data dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh dengan cara: Observasi, tes, dan dokumen. Instrumen penelitian ini menggunakan: RPP, LKS, Tes dan Lembar Observasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan data hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes. Hasil ini memperlihatkan, ketika siswa diberikan pengajaran dengan pendekatan belajar tuntas, sebagian besar siswa memperoleh skor hasil belajar diatas rata-rata ( kategori tinggi ).
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN-ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS X SMA N 1 SILANGKITANG Suriyani M.Pd
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v1i2.1259

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan perbedaan melalui pengaruh model pembelajaran Open-ended terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas X SMA N 1 Silangkitang tahun pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA N 1 Silangkitang. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas dua kelas dimana satu kelas diberikan pengaruh model pembelajaran dan satu kelas lagi tidak diberikan pengaruh model pembelajaran. Sebagai alat pengumpulan data digunakan instrument tes yang sebelumnya sudah diuji untuk mengetahui validitas dan reliabilitas. Berdasarkan analisis data tes, rata-rata skor siswa pada pretes kelas eksperimen adalah 46,88 dan standart deviasi 7,042, untuk rata-rata skor siswa pada postes kelas eksperimen adalah 77,94 dan standart deviasi 5,593. Untuk rata-rata skor siswa pada pretes kelas kontrol adalah 47,34 dan standart deviasi 7,404, untuk rata-rata skor siswa pada postes kelas kontrol adalah 73,97 dan standart deviasi 7,258. Perbedaan ini berarti membuktikan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Open-ended terhadap hasil belajar siswa. Hasil uji normalitas dengan tingkat kepercayaan 95% diperoleh bahwa sampel kelas eksperimen x2 hitung= 0,021 dan kelas kontrol x2 hitung= 0,084 berdistribusi normal karena x2 hitung< x2 tabel.. Uji Homogenitas diperoleh Fhitung= 0,270, dengan mengambil taraf signifikan 5% diperolehFtabel = 1,62 (Fhitung< Ftabel). Hasil yang diperoleh dariuji-t postes kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu thitung = 2,450 dibandingkan dengan ttabel yang memiliki derajat kebebasan dk = n1 + n2
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTS USWATUN HASANAH TANJUNG SIRAM Muhammad Yunus
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v1i2.1264

Abstract

Penelitian tentang penerapan model pembelajaran Open Ended dan melihat pengaruhnya terhadap hasil belajar matematika siswa MTs Uswatun Hasanah Tanjung Siram. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Open Ended terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksprimen semu karena pada eksprimen semu suatu subjek perlakuan yang akan kita bandingkan sudah terbentuk. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah pemilihan secara acak (random sampling). sampel yang dipilih dari siswa kelas VIII yang berjumlah lima kelas,dipilih tiga kelas yaitu kelas VIII B, kelas VIII C
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS XI MA NUR IBRAHIMY TAHUN AJARAN 2014/2015 Amin Harahap
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v1i2.1260

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui kreativitas dan hasil belajar matematika siswa terhadap model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) dalam pokok bahasan Trigonometri di kelas XI MA Nur Ibrahimy,
PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI POKOK LINGKARAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 24 AEK KANOPAN Indah Fitria
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v1i2.1265

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktifitas keterampilan proses siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 24 Aek kanopan dan menigkatkan hasil belajar matematika melalui pendekatan keterampilan proses siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 24 Aekkanopan. Tempat penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 24 Aek kanopan. Dalam penelitian ini populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 24 Aek kanopan tahun ajaran 2014/2015 dan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah sebagian siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 24 Aek kanopan,diambil secara acak yaitu dengan mengambil dua kelas yaitu dengan mengambil dua kelas yaitu satu kelas untuk kelas control (kelas VIII B) dan satu kelas sebagai kelas eksperimen (kelas VIII A). Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen (eksperimen semu). Data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa dokumentasi, tes, Lembar observasi siswa, dan lembar aktivitas guru. Rata-rata hasil belajar matematika peserta didik pada materi lingkaran dengan menggunakan model belajar konvensional adalah 59,22, rata-rata hasil belajar matematika peserta didik pada materi lingkaran dengan menggunakan menggunakan model keterampilan proses adalah 64,86 dan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika materi lingkaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dan yang menggunakan pendekatan keterampilan proses
PENERAPAN ACCELERATED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA TOPIK ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII MTs ISLAMIYAH GUNTING SAGA KECAMATAN KUALUHSELATAN KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA Rohani M.Pd
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v1i2.1261

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menelaah: (1) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa pada saat penerapan Accelerated Learning pada materi pokok Aritmatika Sosial di kelas VII MTs Islamiyah Gunting Saga Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhan Batu Utara, (2) Untuk mengetahui besarnya hasil belajar siswa setelah diterapkannya Accelerated Learing pada materi pokok Aritmatika Sosial di kelas VII MTs Islamiyah Gunting Saga Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhan Batu Utara. Model pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Accelerated Learning yang diterapkan dalam penelitian ini, dengan subjek siswa kelas VII yang terdiri dari 25 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tidakan kelas (PTK). Hasil belajar siswa pada siklus I pada tes hasil belajar 1 diperoleh 11 orang siswa (44,0%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 60,80. Pada tes hasil belajar 2 diperoleh 18 orang siswa (72,0%) yang sudah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 72,40. Sehingga pada siklus I (pertemuan 1 dan 2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 11,60 (28,0%). Pada siklus II, tes hasil belajar 3 diperoleh 20 orang siswa (80,0%) yang sudah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-
PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI KELAS VIII MTS AL-WASLIYAH SUMBER MULYO TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Irmayanti Irmayanti
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v1i2.1257

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Kontekstual dan Konvensional pada mata pelajaran Matematika di kelas VIII MTs Al-Wasliyah Sumber Mulyo. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-postest group kontrol. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Wasliyah Sumber Mulyo yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari kelas VIII 1, VIII 2 dan VIII 3. Dari ketiga kelas ini dipilih secara acak, kelas VIII 1 terdiri dari 24 orang siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII 2 terdiri dari 24 orang siswa sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-test). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kontekstual memiliki nilai ratarata (81) yang lebih tinggi jika dibandingkan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (71,17). Sedangkan dari perhitungan t-test diperoleh t hitung besar dari pada t tabel. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%. Sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran kontekstual dan Konvensional dalam mata pelajaran matematika.
PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 3 RANTAU UTARA lili Rohanita
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v1i2.1262

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching di SMP Negeri 3 Rantau Utara. Desain penelitian ini penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada kelas eksperimen dan penerapan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol, kemudian dilakukan tes terhadap kedua sampel dengan tes yang sama. Tes berbentuk uraian sebanyak sepuluh soal. Instrumen pengumpulan data yaitu dengan mengadakan tes kepada siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Pre tes dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan post tes dilakukan untuk mengukur kemampuan komunikasi matematika siswa. Dari perhitungan data pre tes siswa diperoleh pada df = 30 dan taraf nyata α = 5% dan diperoleh tabel t = 1,697 dan hitung t = 4,780. Karena hitung t > tabel t (4,780 > 1,697) maka kemampuan awal siswa sama. Sedangkan berdasarkan perhitungan post tes siswa diperoleh pada df = 30 dan taraf nyata α = 5%, dan diperoleh hitung t =2,871 dan tabel t = 1,697. Karena hitung t > tabel t (2,871 > 1,697) maka H 0 ditolak H a diterima. Maka dapat disimpulkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik daripada Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa yang diajar dengan Pembelajaran Konvensional Di SMP Negeri 3 Rantau Utara.

Page 1 of 1 | Total Record : 9